99designs logo contest

Minggu, 24 September 2017



99design adalah salah satu website untuk kompetisi desain graphic. baik itu berupa logo, kartu nama dan lain-lain. awal mula saya bertemu dengan 99design adalah pada tahun 2013 bulan desember.
singkat cerita saya sudah selesai kuliah dan mengikuti sebuah program pendampingan guru dalam hal mengajar, di wilayah sulawesi selatan khususnya daerah jeneponto selama 6 bulan. yah namanya juga mendampingi guru, yah kita bantu maksimal dong. namun selama mengajar disana, ada rasa bosan, hnaya di bayar sekitar sejuta perbulan, yang namanya kita orang teknik apalagi arsitek, kita orang kreatif jadi ingin ngerjain banyak hal.  di sela sela kesibukan mengajar, saya sempat ikut desain karikatur poster tema salah satu anggota politik saat itu via facebook. namun tidak pernah juara.hehe
saat ingin menyelesaian program pendampingan tersebut, saya ke makassar. setelah sehari di makassar, laptop yang saya pakai hilang!! wah saya cari satu rumah ngak ketemu. bukan soal barangnya yang hilang tapi laporan yang sementara saya kerja untu program pendampingan tersebut juga hilang. terlepas dari itu, laptop itu sebenarnya punya ibu saya, yang di pinjamkan. miris hati saya, laptop hilang.
stress dan bingung selama dua bulan. sehingga saya memilih memperbaiki komputer rusak sayadan mulai mencari lomba di berbagai kompetisi online, sempat desain t-shirt tema otomotif namun hanya juara dua ( ngak dapat hadiah), desain kalender tema pajak ( cuma dapat kalendernya dan sertifikat). selama 6 bulan, namun belum juga mampu menganti laptop yang hilang.
akhirnya saya menyelesaikan program pendampingan saya dengan mengunaakan handphone ( saat itu black be**y), mulai dari laporan dan presentasi. tingkat stresspun memuncak, karena telah selesai program pendampingan, akhirnya saya hanya kerja d rumah, orang rumah bilangnya kerjaan ku cuma mati (makan tidur). 

pada bulan desember 2013 saya ketemu lah dengan 99design. selama sebulan penuh saya mengambar dan berkompetisi, tidak kenal lelah. malam ktemu pagi, pagi ketemu malam. saya kuliah jurusan pendidikan teknik bangunan, namun saat sma dlu, sering design dan masuk osis hingga kerja di event organize berkat design graphic. 

saya ingat, waktu itu mencoba semua jenis design, sampai akhirnya saya senang pada logo design. bahkan semua kategori saya ikuti. namun masih belum bisa juara, secara 99design hanya memberi hadiah pada juara 1. sekian lama mencoba akhirnya pada 8 februari 2014 pada hari jumat saya berhasil menang. awalnya saya ragu , apakah website 99design akan membayar atau tidak soalnya kontes yang saya menangkan bernilai $200. nah saya selesaikan tuh jenis file yang diminta, adapun design saya seperti berikut :



konsep dasarnya mudah saja, saya waktu itu bongkar handphone saya, dan liat bagaimana sim card di keluarkan dari hp. kamudian saya coba gambar. dari beberapa gambar, yah itulah yang terpilih, seneng nya.
Ada beberapa file yang perlu di upload saat itu, antara lain :

1. JPg or Png file (transparant)
2. Eps for cmyk and EPs for rgb file.
3. Ai file.
setelah itu kita tanda tangani secara elektronik dengan cara click icon sign agrement. setelah itu file akan di review oleh penyedia kontes dan kita di suruh menunggu selama 10 hari, dan uangnya akan masuk secara otomatis di akun 99design saya.

selanjutnya kita akan bahas proses penarikan dollar di 99design.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS